WLAN adapter Error, Atasi dengan Cara Ini!

advertise here
Atasi WLAN adapter error


WLAN (Wireless Local Area Network atau dikenal juga LAWN, Local Area Wireless Network) Adapter; adalah sebuah adapter berfungsi sebagai antena untuk melakukan koneksi dalam perangkat portable (mudah alih) seperti laptop. Ikon WLAN ini biasa terdapat di pojok kanan bawah bergandengan ikon baterai dan sound.

Beberapa minggu ini, saya mengalami kejadian aneh pada fungsi WLAN laptop. Biasanya, Ikon WLAN tersebut menunjukan sinyal bar yang bertanda silang merah.
 Akan tetapi, tidak seperti biasanya, ia berubah menjadi simbol koneksi kabel LAN yang bertanda silang merah.

  Telusur punya telusur, hal ini terjadi karena saya beberapa minggu ini mengunakan aplikasi Shareit for PC biar mudah transfer files dari HP ke laptop. Alhasil, ketika mau akses internet tethring dari HP, jadi sering error WLANnya.

Ketika muncul masalah itu, intuisi ngoprek saya jadi tertantang buat ngelarin tu masalah. Lalu, inilah hal-hal yang saya lakukan.

Pertama, membuka Device Manager.

Cara cepat membuka Device Manager bisa melalui tombol Windows . Lalu ketikan Device Manager pada pencarian, dan akan muncul ikon device manager pada hasil pencarian. Klik, lalu akan muncul jendela Device Manager (berisi list perangkat-perangkat yang terinstal di laptop).

Kedua, Klik Networks Adapter

Maka akan muncul adapter WLAN yang ter-disabled.
Kemudian, klik kanan dan pilih enable untuk mengaktifkannya.
Secara otomatis, ikon WLAN di pojok kanan bawah akan berubah ke ikon awal (signal bar).

enable/aktifkan WLAN Adpter pada device manager


Dengan demikian, WLAN sudah normal kembali.
Semoga bermanfaat.  


Click to comment