Cara Aman dan Murah Kuretase Memakai BPJS Kesehatan

advertise here





Sebelum ke prosedur-prosedurnya, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu tindakan kuretase/kuret. Sederhnanya, kuretase ialah tindakan medis untuk menguras/membersihkan kandungan yang juga berarti memberhentikan proses kehamilan.



Lantas kenapa harus dibersihkan/diberhentikan kehamilannya? Tentu penyebabnya karena ada alasan medis yang jika tidak dilakukan kuretase akan terjadi dampak yang lebih buruk.

Sebagai contoh, seorang ibu mengalami Blighted Ovum (kehamilan kosong). Kehamilan kosong ini terjadi pada kondisi kantung janin tumbuh dengan baik namun janin tidak berkembang atau memang tidak tumbuh sama sekali. Sehingga kantung rahimnya kosong.

Contoh kasus di atas dialami oleh isteri saya sendiri. Pada contoh kasus yang dialami isteri saya, dokter lebih menyararankan untuk melakukan kuretasi sebelum keguguran. Alasannya, jika tidak segera dilakukan kuret, dikhawatirkan akan terjadi keguguran dan akibatnya lebih fatal.

Baiklah, dibawah ini saya rangkum SEMBILAN prosedur melakukan kuretasi aman dan murah dengan pembiayaan BPJS dengan asumsi bahwa Anda telah mengambil keputusan untuk melakukan tindakan kuret.



  • Pastikan Anda sudah memilih dokter yang akan melakukan tindakan kuretasi; Ini penting, karena berhubungan dengan kepada siapa Anda mempercayakan tindakan medis itu akan dilakukan.

  • Sediakan fotocopy KTP dan kartu BPJS; lalu lakukan pendaftaran melalui jalur BPJS di rumah sakit tempat anda akan melakukan kuret. Saat mendaftar, yang penulis alami, Anda akan diminta penegasan bahwa pembayaran biaya kuret ditanggung oleh BPJS dan tidak bisa diubah.  

  • Pilih kamar untuk rawat inap (dilakukan dibagian pendaftaran); untuk pasien kuret, perawatan intensif selama maksimal satu hari diperlukan agar kondisi pascakuretase bisa dipantau langsung oleh petugas medis. Untuk kelas kamar rawat inapnya akan disesuaikan dengan kelas BPJS-nya. 


  • Penandatangan syarat & ketentuan dan wawancara; ada sejumlah formulir dan lembar syarat-dan-ketentuan, dan juga sejenis lembar perjanjian antara pihak rumah sakit dan keluarga pasien terkait tindakan medis yang akan dilakukan. Selain itu, ada juga wawancara singkat seputar kondisi kesehatan pasien dan latar belakang keluarga pasien.


  • Checkup medis; pada tahap ini, pasien akan diberikan tindakan pengecekan keseluruhan kondisi fisik dari mulai tekanan darah, golongan darah, aliran darah, detak jantung, dan sebagainya.


  • Tindakan kuretase/kuret; prosedur ini dilakukan oleh dokter yang sudah melakukan persetujuan dengan Anda, dan dilakukuan di ruang operasi. Durasi operasi kuretnya sekitar 30-45 menit. 


  • Pemantauan kondisi pasca-kuretase; proses ini dilakukan di ruang rawat inap. Pasien diberikan cairan infus dan diberikan treatment oleh perawat. Pada proses pemantauan ini, keluarga pasien dianjurkan bersama-sama memantau kondisi pasien.


  • Pengecekan terakhir oleh dokter sebelum pulang; dokter yang melakukan kuret akan mengecek pasien sebelum dipulangkan. Pada tahap ini dokter memberikan petunjuk-petunjuk medis terkait pascakuret dan pemulihan.


  • Pengurusan administrasi dan izin pulang; umumnya, karena tindakan kuretase tergolong operasi ringan, untuk pasien kuret yang memakai pembiayaan BPJS diharuskan rawat inap maksimal SATU malam. Oleh karenanya, pada hari berikutnya setelah dikuret, pasien boleh pulang. 


Saat mengurus administrasi, Anda akan diarahkan langsung ke kasir dan menandatangani lembar pembiayaan yang ditanggung oleh BPJS dan sudah tersetmple “LUNAS”. Setelah itu Anda berhak mendapat obat untuk pemulihan. Kemudian pasien boleh berkemas dan pulang.

[Catatan: saat dikasir saya dikenai biaya pembayaran pembalut, karena pasien dipakaikan pembalut setelah operasi selesai dilakukan]

Demikian SEMBILAN langkah melakukan kuretase aman dan murah memakai pembiayaan BPJS. Semoga bermanfaat sebagai referensi bagi yang akan melakukan kuret menggunakan kartu BPJS.



36 Komentar

avatar

Mas,, perlu rujukan dari faskes pertama? Atau langsung ke rmh sakit

avatar

O iya, kita perlu rujukan dari faskes pertama (puskesmas tingkat Kecamatan) sebelum ke RS.

avatar

Kalau pakai kartu KIS bisa tdk

avatar

Utk informasi, silakan konsultasi dengan RS dimana kita mau melakukan Kuret.

avatar

Itu proses kuret nya di rs swasta kah?

avatar

Iya, Jeng... Pertimbangannya, kalau toh sama2 ditanggung BPJS terus kualitas pelayanan RS swastanya lebih baik, mending pilih Swasta.

avatar

Brart dari faskes 1 trus kita milih rs untuk kuret bisa ya kak..

avatar

Prosedure yg dulu kami tempuh, dtangnya ke RSnya dlu utk memastikan perlu atau tidaknya dilakukan kuret. Hasil cek di RS mengharuskan istri sya utk dikuret. Nah, karena pembiayaan kuretnya mau pake fasilitas BPJS, maka kami disuruh membuat/meminta surat rujukan dri Faskes1. Stelah dpat suratnya, barulah tahapan pendftaran operasi kuretnya dilakukan di RS tempat kami cek. Dmikian, semoga membantu

avatar

Takutnya ga ditanggung full mas. Kuret disini biaya nya skitr 8jt ke atas

avatar

Aku br aja kuret pake BPJS, tp lgsg disuruh plg. Aku jg bingung knp ga rawat inap

avatar

Nah, itu perlu dipertanyakan. Apakah prosesur dan kebijakan mereka sperti itu? Klau yg dlu kami lakukan, prosedurnya mengharuskan si pasien dikontrol minimal 1x24jm..

avatar
This comment has been removed by the author.
avatar

Jika yg dimksud "faskes 3" adalah "BPJS kelas 3", maka BPJS tetap menanggung biayanya. Hanya saja, jenis pelayanan kamar akan berbeda dsri yg kelas 2 atau kelas 1.
Demikian.

avatar

Miss confuse: kuret nya di RS mana?

avatar

Di Area Kuningan Jabar

avatar

Istri saya kuret.melalui jalur BPJS , pihak rumah sakit memberitahu kalo pihak BPJS hanya menggangung biayaya kuret hanya 800 rib . Dan sisa dari biayaya yg lainya sya tngu g sendiri.. estimasi sekitar 4 jutaan ..

avatar

Beda2 ya kasusnya?
Perlu rujuk ke bagian informasi BPJs langsung. Terkait beberapa info yg simpang siur terkait pendanaan BPJS. Satu sisi, kita mempercayakan pelayanan kepada RS dngan skema pbiayaan BPJS, tp disisi lain kita tidak tahu permainan/aturan yg diberlakukan pihak RS trhadap pasien2 BPJS. Pihak RS mungkin saja memberikan pelayanan Prima kepada stiapbpasien tnpa membedakan skema pembayaran umum atau BPJS. Namun, ada kemnungkinan juga pihak RS melakukan pelayanan prima itu dengan acuan "toh tinggal klaim ke BPJS".
Nah, ketika kondisinya justeru BLJSnya sedang deifisit, pihak RS mengubah setartegi playanan.


Maaf, hnya prasangka, tnpa data. Tpi tak perlu berkecil hati. Tuhan selalu menyediakan bnyak solusi bagi yg berusaha..

avatar

Ada info ga kalau pakai kis bisa atau tidak

avatar

Maaf,Gan, Sis...
Utk info iti perlu dikonfirmasi ke PUSKES/RS..

avatar

Dulu ak jg pernah kuret tp g pke bpjs jg lngsung dsruh pulang... Krna dirasa g pusing si pasienx gpp pulang 1minggu lg kontrol gt...

avatar

Terima kasih sharing infonya.. ngmong2, d daerah mna dan berapa besaran biayanya?

avatar

Apakah kuret berbahaya untuk ibu hamil nya???

avatar

Pada dasarnya,saya menduga akan ada dampak dari proses kuret itu, baik lngsung atau pun tidak, trutama bagi ibu hamilnya. Dugaan itu berawal dri diharuskannya mencegah kehamilan selama minimal tiga bulan pascakuretase. (Beragam hitungan bulannya, ada dokter yg saranin minimal 6 bahkan 9 bulan).

Logikanya, kuretase itu kan proses mengeluarkan isi kandungan secara medis karena alasan tertentu untuk menghindari kemungkinan yg lebih buruk. Prosesnya, kurang lebih bisa diartikan "mengeluarkan secara paksa" oleh dokter. Sehingga, effek samping dari proses itu kmungkinan besar ada.

Demikian.

Utk lebih validnya, konsultasikan dengan dokter.

avatar

Bunda eka, maaf kurang sopan. Saat kuret apa dicukur bulu kemaluannya? Soalnya saya mungkin akan dikuret bun 😥

avatar

Sya bru saja ke guguran dan besok mau ke rs dri periksa ku pke kis gk kena biaya,, klo ku dsruh di kuret msh pke kis apa sama gk dikenankn biaya??

avatar

Ini, perlu kepastian dri RS. Sebelumnya, perlu dpat rujukan dri Faskes tingkat 1(puskesmas Kecamatan). Kalau sudah dpat rujukan dri Faskes 1, itu berarti udah tanggungan BPJS.
Demikian.

avatar

Iya, Gan/Sis, dlu isteri saya dicukurnya sendiri sebelum kuret.

avatar

Saya baru jumat kemarin d kuret karena BO alhamdulillah pake bpjs tidak d kenakan biaya .cuma ada vitamin yg tdk d cover bpjs jadi harus d tebus

avatar

Terima kasih, udah berbagi pengalamannya.
Semoga, senantiasa sehat. Amin.

avatar

Saya ingin kuret dgn alasan ank saya baru 9bln kembar pula..dn kelahiran kembar saya mellui operasi secar..qra" bisa gak ya

avatar

Silakan, selalu konsultasikan dengan dokter andalan Anda. Konsultasikan juga kondisi luka bekas operasinya, apakah memungkinkan utk mnjalani kehamilan atau tidak.

Sekali lagi, utk kebaikannya, konsultasikan dngan dokter terpercaya.

avatar

Kalo tnp bpjs kuret drmh sakit umum daerah brp yh biayanya

avatar

eka7 March 2019 at 14:32
Beragam,Bu...
Wktu isteri sya kuret, kalau melalui jalur umum alias tnpa BPJS, sekitar 4jutaan..

avatar

saya keguguran hari ini.saya pake bpjs bayar.apakah bisa langsung ke RS?soal nya skrg mlm klinik nya pasti tutup?

avatar

saya hbs kguguran msh pendarahan trus sy pkir gausah kuret tp stelah sy priksa lg ke dokter trnyta hsil usg menyuruh ambil tndakan kuret tp brhubung sy lg dkmpung soalnya krtu bpjs sY jakarta msh ngulur wktu bru senin brgkt,dlm vagina sy mengeluarkan sprti tulang keras kira2 apa it dan berbhaya tdk

avatar

Saya juga bo dan segera harus kuret, selama periksa kandungan dgn dokter praktek pribadi nah pada saat mau kuret apakah saya bisa urus dgn bpjs dan minta penanganan di rumah sakit tempat dokter kerjasama jadi bisa dikuret dgn dokter yg sama ?

Click to comment